USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TATA BUSANA; PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XII BUSANA UPT SMK NEGERI 3 PAREPARE PROVINSI SULAWESI SELATAN

  • Ida Farida UPT SMK NEGERI 3 PAREPARE
Keywords: Model Pembelajaran Pendekatan kontekstual, Pembelajaran Kejuruan Busana

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII Busana 1 UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran tipe pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII Busana 1 UPT SMK Negeri 3 Parepare dengan jumlah siswa 21 orang yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan. Hasilnya peningkatan belajar siswa Kelas XII Busana 1 UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran tipe pendekatan kontekstual ini adalah (i) pada siklus I (tindakan I dan tindakan II), masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 63,09 sedangkan pada siklus II (tindakan I dan tindakan II) mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80,80, (ii) terdapat peningkatan hasil belajar siswa Kelas XII Busana 1 UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran tipe pendekatan kontekstual, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II.
Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar, khususnya bidang studi Kejuruan Busana, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu mencoba berbuat dan berusaha dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan.

Published
2023-02-13