URGENSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Keberadaan perpustakaan tidak dapat dipisahkan oleh dunia pendidikan karena kebutuhan akan adanya perpustakaan mampu menunjang kegiatan pelaksanaan kurikulum di sekolah serta meningkatkan kualitas pendidikan. Masalah yang menjadi fokus dari dari tulisan ini adalah bagaimana minat baca materi pendidikan agama Islam pada peserta didik dan bagaimana urgensi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMK Negeri 2 Pinrang yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat baca peserta didik dan bagaimanakah urgensi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca materi pendidikan agama islam pada peserta didik. Berdasarkan analisa hasil penelitian di SMK Negeri 2 Pinrang dapat diketahui bahwa ada peningkatan pada minat baca materi pendidikan agama Islam dan pemanfaatan perpustakaan sekolah yang semakin diperhatikan setelah bergantinya kepala sekolah yang diikuti oleh peran guru menggunakan metode pengajaran yang strategis dan mudah dipahami oleh peserta didik.