UPAYA GURU MATA PELAJARAN UMUM DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI KELAS XI MAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologik yakni suatu bentuk pendekatan yang berusaha untuk mengungkapkan fakta-fakta, gejala dan peristiwa secara obyektif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis dan interpretasi data penelitian dengan melalui empat tahapan, yaitu; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru mata pelajaran umum dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik kelas XI MAN Binamu Kab. Jeneponto yaitu, pertama; mencari materi Islam yang berkaitan dengan materi ajar, kedua; menyuruh siswa membawa al-Quran dan membiasakan membacanya sebelum belajar, ketiga; mengkaji dalil yang berkaitan dengan materi pembelajaran, keempat; memberi tugas kepada peserta didik untuk mencari dalil yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kendala yang menghambat internalisasi nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran umum antara lain; minimnya kemampuan dan wawasan guru mata pelajaran umum dalam menghubungkan nilai-nilai pendidikan Islam dengan mata pelajaran yang diajarkan, keterbatasan sumber refensi (buku) dan lemahnya kemampuan siswa dalam memahami nilai-nilai pendidikan Islam. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami para guru mata pelajaran umum adalah meningkatkan profesionalisme guru, mengalokasikan anggaran dalam pengadaan buku daras yang terintegrasi dan menggalakkan kajian keagamaan dalam dan luar lingkungan madrasah.