STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 KOTA PAREPARE

  • St. Maryam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Strategi, Mutu, Pembelajaran

Abstract

 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam, kinerja guru Pendidikan Agama Islam serta peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam dengan strategi guru dalam pembelajaran pada SMP Negeri 4 Kota Parepare.

Metode penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat multi disipliner yang melihat dari suatu permasalahan dari berbagai macam sudut pandang disiplin keilmuan persoalan dan solusi yang ditawarkan lebih komprehensif dan utuh. Sumber data utama adalah siswa sebagai kumpulan individu dan kelompok ditambah guru, kepala sekolah, staf dan orang tua siswa yang bertujuan untuk menggali informasi dan data dalam konteks persepsi atas tindakan peningkatan mutu yang dilaksanakan terhadap siswa.

Hasil menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kota Parepare telah sesuai dengan kebutuhan akan pembelajaran Agama, namun masih perlu direvisi. Penambahan waktu belajar di luar jam belajar sekolah juga menjadi sorotan serta perlu ditinjau kembali oleh guru PAI karena selain berbenturan dengan kurikulum nasional, hal tersebut juga membebani siswa yang enggan belajar di luar jam pelajaran sekolah. Adapun pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan mutu yang cukup tinggi dengan jumlah persentase mencapai 81,8%. Hal tersebut sejalan dengan penerapan strategi mengajar guru Agama Islam yang berjalan efektif hingga mencapa 81,8%. Implementasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam juga cukup berpengaruh bagi siswa yang ditunjang dengan pemanfaatan media mengajar, ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, serta dukungan kepala sekolah dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Kota Parepare.

Implikasi dalam penelitian ini adalah : 1) Orang tua selaku pendidik pertama dan utama dituntut senantiasa memperhatikan perkembangan pendidikan anak khususnya Pendidikan Agama Islam, 2) Guru Pendidikan Agama Islam sangat diharapkan lebih dalam menyadari peranan dan tanggungjawab sebagai pendidik dan pengajar, sehingga hubungan antara guru dan orang tua sering dan sejalan dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam pada anak atau siswa demi masa depan yang lebih baik bagi anak didik.

Published
2022-04-28