PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 ARUNGKEKE
Abstract
Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Arungkeke Kelas IX. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam, mengetahui motivasi belajar membaca al-Qur’an peserta didik, mengetahui apakah terdapat hubungan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar membaca al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Arungkeke. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian ex post facto. Sumber data yang digunakan ada 2 yaitu data primer dan data sekunder. Populasi berjumlah 72 peserta didik dan sampel berjumlah 60 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan analisis data yaitu (1) kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Arungkeke berada pada kategori sangat baik yakni 93,4%. (2) motivasi belajar membaca al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Arungkeke berada pada kategori cukup baik 71%. (3) Adanya korelasi positif antara kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar membaca al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Arungkeke, yang dibuktikan dengan uji hipotesis persamaan regresi yaitu adalah thitung ≥ ttabel (100.066 ≥ 1.672), Koefesien korelasi sebanyak 0,310.