MENINGKATKAN KINERJA GURU BIDANG STUDI PAI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI WHATSAPP DI SD NEGERI 11 PAREPARE TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru bidang studi PAI melalui Pembelajaran Aplikasi WhatsApp di SD Negeri 11 Parepare pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Aplikasi WhatsApp memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses Pembelajaran Aplikasi Google Meet dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini berdampak positif terhadap Kinerja Guru siswa yaitu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan.