USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA (TEMA 1; PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO/PAIR WORKING PADA SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 64 PAREPARE PROVINS

  • Sitti Zuhriah UPTD SD NEGERI 64 PAREPARE
Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two/Pair Working, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tematik Siswa (Tema 1; Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two/Pair Working Pada Siswa Kelas III UPTD SD Negeri 64 Parepare Provinsi Sulawesi Selatan”.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu pertremuan siklus dan pertemuan siklus II.

Hasil penelitian menunjukkan Metode pembelajaran kooperatif model The Power of Two/Pair Working dapat merubah dan meningkatkan perilaku dan aktivitas belajar siswa kearah yang lebih baik pada mata pelajaran Tematik  siswa kelas III UPTD SD Negeri 64 Parepare.

Rata-rata hasil belajar Tematik, dalam hal ini Pada siklus I adalah sebesar 57,00 % dan tergolong dalam kategori sedang. Dan pada siklus II adalah sebesar 94,33 % dan tergolong dalam kategori tinggi.

Metode pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two/Pair Working sangat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar Tematik, khususnya pada siswa kelas III di UPTD SD Negeri 64 Parepare, hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yang mengalami peningkatan nilai secara signifikan pada siklus II

Published
2021-11-12