UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE DEMONSTRASI DAN LATIHAN (DEMONSTRATION AND DRILLING) SISWA KELAS IX UPTD SMP NEGERI 8 PAREPARE

  • Andi Farida Karim UPTD SMP NEGERI 8 KOTA PAREPARE
Keywords: Kooperatif Tipe Demonstrasi dan Latihan, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare melalui model pembelajaran kooperatif tipe Demonstrasi dan Latihan (Demonstration and Drilling). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 8 Parepare dengan jumlah siswa 21 orang siswa yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Hasilnya peningkatan belajar siswa kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 8 Parepare melalui model pembelajaran Demonstrasi dan Latihan (Demonstration and Drilling) ini adalah (i) pada siklus I (tindakan I dan tindakan II), masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 61,42, sedangkan pada siklus II (tindakan I dan tindakan II) mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 83,80, (ii) terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 8 Parepare melalui model pembelajaran kooperatif tipe Demonstrasi dan Latihan (Demonstration and Drilling), baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II pada setiap tindakan mulai dari tindakan I sampai tindakan II. Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar, khususnya bidang studi Seni Budaya yang diajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu mencoba berbuat dan berusaha dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan.

Published
2021-11-12