EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI SECARA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI SMPN 4 MODEL KOTA PAREPARE
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring pada SMPN 4 Model Kota Parepare di era pandemi covid-19 terhadap pola pikir kreatif peserta didik. Berdasarkan proses pembelajaran, efektivitas pembelajaran merupakan ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antara peserta didik maupun antara peserta didik dengan pendidik dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sosok pendidik di era pandemi covid-19 harus mampu mengefektifkan pembelajaran daring dalam mengembangkan kreativitas peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua sumber data yaitu: Sumber data primer, data yang langsung diperoleh oleh peneliti dari sumber pertamanya. Sumber data sekunder yang merupakan sumberĀ tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data, misalnya lewat orang lain atau dokumen. dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring kurang efektif, dikarenakan banyak perubahan proses pembelajaran. 2) Kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring yang menghambat efektifitas pembelajaran, seperti keterbatasan media dan jaringan internet. 3) Solusi untuk mengefektivkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara daring seperti, bantuanĀ dari pemerintah mengenai fasilitas pendukung dalam pembelajaran daring serta membangun motivasi peserta didik untuk belajar daring oleh pendidik dan orangtua.