STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN DARING DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Salmiati Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Sulfikar Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Komparatif, Daring, Tatap Muka, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fakta bahwa pembelajaran daring saat ini telah membawa perubahan besar dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga berefek terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik pada pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka di SMP Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan instrumen pedoman angket, pedoman, observasi dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS 24 windows. Hasil penelitian mengenai menunjukkan (1) Skor rata-rata hasil belajar PAI peserta didik SMP Muhammadiyah Parepare melalui pembelajaran daring sebesar 83.64 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 3,08058; (2) Skor rata-rata hasil belajar PAI peserta didik SMP Muhammadiyah Parepare melalui pembelajaran tatap muka sebesar 86,80 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 2,92973; (3) Terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar PAI peserta didik SMP Muhammadiyah Parepare antara pembelajaran matap muka daring dengan pembelajaran tatap muka pada SMP Muhammadiyah Parepare sebesar 3,16. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring berefek kurang baik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI SMP Muhammadiyah Parepare meskipun masih berada pada kategori tinggi. Oleh karena itu melalui penelitian ini diharapkan menjadi cikal bakal lahirnya inovasi baru dalam pembelajaran daring yang berlaku saat ini sehingga hasil belajar peserta didik sama atau mampu melampaui hasil belajar melalui pembelajaran tatap muka.

Published
2021-11-12