EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMPN 2 TAPALANG BARAT
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini adalah tidak kreatifnya pendidik dalam mengelola pembelajaran di kelas, metode pembelajaran yang klasik menjadikan peserta didik merasa jenuh sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Tapalang Barat dan adakah efektivitas penggunaan media film dokumenter terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Tapalang Barat. Penelitian ini digolongkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode penelitian yang terdiri dari: 1) Setting penelitian: Jenis penelitian dan lokasi peneliitian. 2) Persiapan penelitian: Pelaksanaan pembelajaran, kompetensi dasar dan perangkat pembelajaran. 3) Subjek penelitian: kelas VII. B 25 orang. 4) Sumber data: Peserta didik dan hasil belajar. 5) Alat dan tekhnik pengumpul data: Observasi dan tes. 6) Indikator kinerja: Meningkatnya nilai hasil aktivitas belajar dan hasil tes belajar. 7) Analisis data: Dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan media film dokumenter diterapkan pada siklus II dengan menampilkan film yang sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu Khulafaur Rasyidin. 2) Terdapat peningkatan pada aktivitas belajar dan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai siklus II, dengan perolehan nilai aktivitas belajar peserta didik sebelum penerapan media film dokumenter sebesar 38,2% meningkat pada siklus II sebesar 78,2%, dan hasil belajar peserta didik dari tes pree-test sebelum penggunaan media film dokumenter sebesar 73,52 meningkat pada siklus II dari soal tes post-test sebanyak 82,6%