EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode pembelajaran di SMP Muhammadiyah Parepare seperti metode ceramah, bercerita, diskusi dan pemberian tugas, sehingga metode pemberian tugas menjadi fokus peneliti karena peserta didik didalam pembelajaran tidak merespon dengan baik tugas yang diberikan oleh pendidik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Mengetahui efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode pemberian tugas, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode pemberian tugas di SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data dislay (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode pemberian tugas di SMP Muhammadiyah sudah efektif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam itu efektif yaitu proses pembelajaran, metode, sarana dan media yang digunakan, serta sikap peserta didik dalam mempertanggung jawabkan tugas yang diberikan oleh pendidik.