PERAN ORANG TUA TERHADAP BIMBINGAN MENTAL PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SMKN 10 PINRANG
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orangĀ tua terhadap bimbingan mental peserta didik dalam proses pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 di SMKN 10 Pinrang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian yang didapat adalah bagaimana peran orang tua terhadap bimbingan mental ke peserta didik dimasa pandemi Covid-19 dan apa kendala serta solusinya. Akan tetapi proses pembelajaran secara tatap muka atau langsung dinilai lebih efektif dari sisi leluasanya peserta didik dalam berinteraksi lingkungan sekitaran sekolah dan mata pelajaran segi mental peserta didik dalam menghadapi pelajaran-pelajaran ofline dibandingkan dengan pembelajaran melalui daring.
Faktor pendukung yakni faktor internal peserta didik adalah adanya kebutuhan dan pengaruh positif, motivasi semangat belajar disetiap mata pelajaran, dan faktor eksternal dari guru dan orang tua peserta didik yang memberikan semangat dan motivasi serta guru sekali-kali turun tangan dalam meninjau peserta didiknya yang belajar dari rumah (daring) agar semangat belajar dan melihat keadaan dan perkembangan dari tingkat kecemasan, kemalasan, stres/depresi, peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Faktor yang menjadi penghambat mental peserta didik dalam proses belajar daring adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran begitupun orang tua, dan faktor lingkungan selama melanda wabah virus Covid-19.