EFEKTIVITAS MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI MASALAH ANTARA KARYAWAN DENGAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG SIDRAP (ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH)

  • Arham Djauharuddin UM Parepare
  • Zainuddin UM Parepare
Keywords: Efektivitas, Manajemen Konflik, Manajemen Syariah

Abstract

                Penelitian ini membahas Analisis Manajemen Syariah Terhadap Manajemen Konflik dalam Mengatasi Masalah antara Karyawan Dengan Nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang Sidrap. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dan analisis deduktif. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) bentuk konflik pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Sidrap, seperti nasabah seringkali ganti nomor handphone, nasabah kadang terlena dengan waktu jatuh tempoh pembayaran. Dari hal seperti ini disebabkan oleh kurangnya membaca dan pemahaman nasabah tentang sistem dan konsep-konsep gadai dan dapat dikatan sesuai manajemen syariah karena sistem penaksiran barang gadai tidak terdapat penipuan.2) Sistem manajemen konflik pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Sidrap, dengan menerapkan sistem pendekatan emosional dan dapat dikatan efektif dan sesuai manajemen syariah karena dapat diatasi dengan baik, benar dan tuntas tanpa ada unsur kekerasan.3) Tinjauan manajemen syariah dalam menyelesaikan konflik pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Sidrap, dapat dikatakan efektif karena dapat dikelolah dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada di pegadaian syariah dan sesuai dengan prosedur syariat Islam.dan mempunyai pengaruh baik bagi pegadaian.

Published
2021-05-03
How to Cite
Arham Djauharuddin, & Zainuddin. (2021). EFEKTIVITAS MANAJEMEN KONFLIK DALAM MENGATASI MASALAH ANTARA KARYAWAN DENGAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG SIDRAP (ANALISIS MANAJEMEN SYARIAH). Al-Ginaa: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 47-71. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ginaa/article/view/854