STRATEGI PEMASARAN PRODUK BERAS PADA PT. SANG HYANG SERI KOTA MAKASSAR
Abstract
Menyikapi fenomena tersebut maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Pemasaran dihubungkan Prinsip-prinsip yang menjadi acuan pada Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Strategi Pengembangan melalui Metode Analisis SWOT yang dapat dilakukan oleh PT. Sang Hyang Seri. Pendekatan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode kualitatif pada penggunaan Analisis SWOT. Adapun informan yang digunakan yakni bagian pemasaran, bagian disribusi produk beras dan rumah makan dan hotel pengguna produk beras pada PT. Sang Hyang Seri. Hasil yang diperoleh dari peneltian ini adalah Pengembangan Pola Pemasaran yang dapat dilakukan oleh PT. Sang Hyang Seri jika dikaitkan dengan bauran pemasaran yakni salah satunya adalah dengan melakukan diversifikasi produk melalui penambahan varian kemasan, selain untuk mendukung jangkauan daya beli masyarakat juga dapat dimanfaatkan sebagai media dalam memperkenalkan jenis-jenis produk beras dari perusahaan ini serta dapat pula menjadi sarana dalam pengembangan segmen pasar juga sasaran pasar. Adapun langkah strategi yang direkomendasikan yakni Growth and Build, atau dengan kata lain bahwa status pemasaran Beras dari PT. Sang Hyang Seri saat ini berada pada kondisi tumbuh dan Berkembang, sehingga untuk tetap mendukung kondisi tersebut terdapat beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan antara lain mengefektifkan kegiatan promosi, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, memperluas sasaran pasar dan juga mengoptimalkan segmentasi pasar melalui promosi sehingga produk lebih dikenal oleh masyarakat.