PENGARUH EVENT-SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI PADA WARKOP HITAM PUTIH KOTA PAREPARE
Abstract
Pengaruh event-sponsorship terhadap keputusan pembelian pada dasarnya meneliti bagaimana keterlibatan sebuah brand atau perusahaan dalam mensponsori suatu acara (event) dapat mempengaruhi minat dan keputusan pembelian konsumen. Event-sponsorship adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan dengan memberikan dukungan, baik berupa dana atau bantuan lainnya, kepada suatu acara tertentu, seperti konser, acara olahraga, atau festival. Tujuannya adalah untuk meningkatkan eksposur brand dan memperkuat citra positif di mata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Event-Sponsorship Terhadap Keputusan Pembeli Pada warkop Hitam Putih Kota Parepare yang mengukur arah kekuatan hubungan antar dua variable. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan kuesioner, sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 responden. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan mengolah data menggunakan aplikasi SPSS V21. Pada hasil uji koefisien determinasi diketahui nilai Rsquare sebesar 0,638 maka berkesimpulan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan (bersama-sama) sebesar 63.8% yang dikategorikan kuat. Sedangkan hasil uji hipotesis memiliki nilai dimana nilai t hitungĀ 9.685 lebih besar dari t tabel 1.988, maka ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa Event-Sponsorship memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan pembeli Pada Warkop Hitam Putih Kota Parepare.