STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN DI DESA LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

  • Parman Parman Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nirwana Sampara Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muh.Fitra Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Di Tempat Pembelian, Sarung Tenun

Abstract

Strategi pemasaran merupakan metode yang menampilkan produk kepada pelanggan Strategi pemasaran dianggap efektif jika didukung oleh perencanaan internal dan eksternal yang terstruktur dengan baik. Pemasaran pada dasarnya adalah rencana menyeluruh dan terintegrasi yang diintegrasikan ke dalam bidang pemasaran dan memberikan Panduan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan pemasaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran untuk produk sarung tenun di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang masing-masing adala pemilik usaha sarung tenun yang ada di desa Lero. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yaitu sumber dari tertulis atau ungkapan dan tingkah laku yang di observasi dari manusia.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data yang digunakan berupa uraian-uraian dan keterangan dari kegiatan wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang digunakan oleh pengusaha kain tenun sutera ada 2 sistem yaitu social media marketing (pemasaran media sosial), point-of-purchase marketing (pemasaran di tempat pembelian).

Published
2024-02-28