ANALISIS STRATEGI PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI TOKO MR.DIY KOTA PAREPARE

  • Firmansyah Firmansyah Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nur Afifa Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Strategi Promosi, Volume Penjualan, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut serta untuk mengetahui alternatif strategi promosi apa yangtepat digunakan oleh Toko MR.DIY Kota Parepare. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Data yang digunakan primer dan sekunder, yang mana data primer adalah informasi yang diperoleh dari pihak toko sedangkan data sekunder berasal dari pengamatan di lapangan dan studi pustaka dengan mempelajari tulisan baik berupa artikel ataupun skripsi yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam mendeskripsikan hasil, peneliti menggunakan matriks SWOT dengan analisa faktor internal dan eksternal dari strategi promosi yang dilakukan dengan memberikan gambaran umum tentang kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari strategi promosi yang dilakukan oleh toko. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat dirumuskan : 1) perlunya membangun hubungan masyarakat dan brand image sehingga terjadi repeat order, 2) mengikuti perkembangan teknologi untuk memudahkan periklanan, 3) Tetap mempertahankan kualitas produk sehingga memiliki value tersendiri.

Published
2024-02-28