STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) CAHAYA BARU DI DESA KUNYI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Indriani Indriani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Arham Arham Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Strategi, Pengembangan, BUMDes

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana BUMDes merujuk pada potensi yang dimiliki oleh Desa Kunyi dalam menentukan usaha yang  akan dikembangkan, dan  untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan oleh BUMDes Cahaya Baru Desa Kunyi Kab. Polewali Mandar terhadap usaha telah diprogramkan. Penelitian ini karena menggunakan pendekatan dengan Analisis SWOT maka secara umum pendekatan metode yang dilakukan adalah perpaduan antara Metode Keulitatif dan semi kuantitatif, karena dalam kegiatan penelitian terdapat analisis yang menggunakan angka-angka. Indorman yang digunakan adalan perangkat-perangkat Desa seperti Aparat Pemerintah Desa, BPD, BUMDes, Kepala Dusun, Ketua-Ketua RT dan Tokoh Masyarakat sebanyak 27 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain Pengembangan usaha yang dilakukan oleh BUMDes telah berorientasi pada pemanfaatan potensi-potensi yang ada di desa untuk dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan usaha, dimana langkah awal yang dilakukan BUMDes yakni terlebih dahulu menangani kendala-kendala yang selama ini terjadi seperti peningkatan kemampuan kualitas sumber daya pengelola, program usaha yang akan dikelola harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perlibatan semua unsur dalam pengelolaan kebijakan BUMDes dan Langkah Strategis yang direkomedasikan sesuai dengan hasil analisis SWOT yakni bagaimana BUMDes mengoptimalkan kekuatan dari potensi yang dimiliki dalam rangka memanfaatkan peluang-peluang yang ditawarkan oleh pasar

Published
2024-03-05