ANALISIS PEMASARAN DALAM MENENTUKAN EFESIENSI PADA PRODUK KACANG TANAH DI DESA MANUBA KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

  • Abi Sarwan Mainas Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Imran Rosadi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nirwana Sampara Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran dalam menentukan efisiensi produk kacang tanah di Desa Manuba Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sembilan responden petani dan tiga responden pedagang. Saluran pemasaran kacang tanah di Desa Manuba terdapat dua, yaitu saluran pemasaran 1 (petani-pengecer-konsumen) dan saluran pemasaran 2 (petani-pembeli-grosir-pengecer-konsumen). Margin pemasaran bervariasi antar lembaga pemasaran, dimana pedagang grosir memperoleh margin lebih tinggi dibandingkan pengecer dan pengumpul. Meskipun efisiensi saluran pemasaran kurang dari 50% untuk kedua model saluran, efisiensi saluran pemasaran I sedikit lebih rendah dibandingkan saluran pemasaran II. Saluran Pemasaran I mempunyai keunggulan dalam hal efisiensi karena melibatkan lebih sedikit lembaga pemasaran. Dengan hanya melibatkan petani dan pengecer, biaya pemasaran dapat ditekan dan proses pemasaran menjadi lebih mudah. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bernilai bagi pengembangan industri kacang tanah dan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi dalam pemasaran produk tersebut.  
Published
2024-02-29