PENGARUH PENGALAMAN BERORGANISASI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA DI LEMBAGA KEMAHASISWAAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNM
Abstract
Pengalaman Berorganisasi Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa di Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pengalaman Berorganisasi sedangkan variabel terikatnya adalah Pembentukan Karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah pengurus Himpunan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 83 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling method). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 23 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian nilai koefisien regresi variabel Pengalaman Organisasi (b) memiliki nilai positif sebesar 0,679 yang artinya setiap penambahan satu satuan nilai Pengalaman Organisasi maka nilai keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,679. Koefisien regresi bertanda positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif