ANALISIS PERBANDINGAN LOYALITAS KONSUMEN ANTARA PENGGUNA TIKTOKSHOP DAN SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

  • Evita Pratiwi Universitas Negeri Makassar
  • Zainal Ruma Universitas Negeri Makassar
  • Muh Ilham Wardhana Haeruddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Loyalitas Konsumen, Tiktokshop, Shopee

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan perbedaan loyalitas pengguna aplikasi Tiktokshop dan Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dan deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi sebanyak 1.165 orang, sedangkan sampel dengan menggunakan metode cluster sampling diperoleh sebanyak 93 mahasiswa.

Hasil yang diperoleh adalah terdapat perbedaan loyalitas konsumen antara penggunaan aplikasi belanja online Tiktokshop dan Shopee di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata variabel loyalitas konsumen, Shopee memiliki tingkat loyalitas yang tinggi dibandingkan Tiktokshop. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen lebih loyal terhadap aplikasi belanja online Shopee.

Published
2023-02-25