Optimalisasi Pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui Edukasi Keuangan bagi Masyarakat dan Pelaku UMKM
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mengenai prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Temmassarangnge. Dengan fokus pada sosialisasi tahapan prosedur, faktor pendukung, dan kendala yang sering dihadapi, kegiatan ini mengadopsi pendekatan deskriptif partisipatif. Hasil menunjukkan bahwa meskipun prosedur pemberian KUR sudah sesuai dengan regulasi, kendala seperti ketidaklengkapan dokumen dan rendahnya literasi keuangan masyarakat masih sering terjadi. Program pengabdian ini memberikan rekomendasi berupa pelatihan dan bimbingan kepada calon debitur untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pemberian KUR.