Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Media Visual di Kabupaten Bantaeng

  • Sutan Syahrir Institut Turatea Indonesia
Keywords: Akidah Akhlak, CTL, Peningkatan, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Pendidikan merupakan sistem dengan berbagai komponen yang saling berkaitan untuk mencapai keberhasilan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang telah diprogramkan. Guru sebagai pendidik utama bertugas menciptakan kondisi belajar optimal. Namun, kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’Arif Panaikang Kabupaten Bantaeng masih rendah, terlihat dari minimnya kerja ilmiah dan rendahnya nilai rata-rata siswa yang belum mencapai KKM (65). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media visual pada siswa kelas VII MTs Ma’Arif Panaikang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang melibatkan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes dan nontes, termasuk observasi keterampilan guru dan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan media visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Skor keterampilan guru meningkat dari 75% (kriteria baik) pada siklus I menjadi 86% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 62% (cukup) pada siklus I menjadi 76% (baik) pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulan, pendekatan CTL dengan media visual efektif meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak, keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Ma’Arif Panaikang Kabupaten Bantaeng. Disarankan guru menggunakan pendekatan ini untuk pembelajaran yang lebih efektif dan kondusif.

Published
2024-06-23
How to Cite
Syahrir, S. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Media Visual di Kabupaten Bantaeng. Continuing Learning Society Journal, 2(1), 16-29. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/cls/article/view/3091
Section
Articles