UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN MELALUI METODE BERCERITA PADA PIAUD SKB II WATANG BACUKIKI KOTA PAREPARE

  • Nurlailah Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Upaya Guru, Kemampuan Berkomunikasi Lisan, Metode Bercerita

Abstract

Anak usia TK merupakan tahap yang sangat penting dan berharga sehingga dinamakan sebagai masa pembentukan pada periode kehidupan manusia. Masa ini merupakan tahap yang sangat fundamental bagi perkembangan individu anak usia TK. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Melihat sejauh mana kemampuan berkomunikasi lisan pada PIAUD SKB II Watang Bacukiki Kota Parepare, (2) Untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bercerita pada PIAUD SKB II Watang Bacukiki Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan penelitian PTK. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dikelolah melalui rumus statistik. Hasil peneitian menunjukkan bahwa; (1) Kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik pada kelompok bermain Tunas Harapan II Watang Bacukiki Kota Parepare mengalami peningkatan signifikan dengan melalui tahapan siklus I dan II, masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan yaitu pertemuan I dan II. (2). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan melalui metode bercerita pada kelompok bermain Tunas Harapan II Watang Bacukiki Kota Parepare dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam hal ini peneliti memiliki upaya dengan melalui metode bercerita yang diterapkan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan peserta didik melalui guru menentukan topik yang menarik, menyusun kerangka cerita, mengembangkan kerangka cerita dan menyusun teks cerita. Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam berkomunikasi baik antar individu ke individu, individu ke kelompok, kelompok ke individu, maupun kelompok ke kelompok.

Published
2021-04-24