PENERAPAN SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 11 PAREPARE TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Nasriah.B SMP Negeri 11 Parepare
Keywords: Supervisi Klinis, Kinerja Guru

Abstract

SMP Negeri 11 Parepare juga telah melakukan supervisi klinis dengan berbagai cara untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dan guru dan hasil pengamatan dan pantauan awal yang dilakukan menunjukkan bahwa masih menjumpai guru yang mengajar belum membuat (RPP), hanya menggunakan metode ceramah, melaksanakan penilaian dan tindak lanjut belum menggunakan format administrasi guru kelas yang ada.  Tujuan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 11 Parepare. Penelitian tindakan sekolah adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah satuan pendidikan dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada sekolah binaannya. Supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran adalah antara lain kinerja guru meningkat ketika membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, meningkatkan  pembelajarannya, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian KBM, dimana berdasarkan supervisi klinis terjadi kenaikan nilai rata-rata pada pra siklus 72,47 diperbaiki pada siklus pertama menjadi 77,02 pada siklus kedua menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata 80,3 sehingga sudah terlihat guru melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sedangkan Peran kinerja guru berdasarkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam penilaian pada supervisi klinis pada siklus pertana terlihat dari nilai rata-rata di Pra siklus 72,47 yang kemudian meningkat  pada siklus 1 dengan nilai rata –rata 77,02, pada siklus  II menjadi 80,3, hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesungguhan guru untuk meningkatkan  kinerjanya dengan usaha meningkatkan  kompetensinya. Upaya peningkatan Kinerja Guru yang telah dilakukan oleh SMP Negeri 11 Parepare adalah menyelenggarakan pelatihan atau workshop, Meningkatkan kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru, melakukan rapat koordinasi rutin di sekolah, meningkatkan kreativitas dalam hal peningkatan media pembelajaran, meningkatkan kerjasama dengan orangtua siswa, masyarakat dalam peningkatan kinerja guru dan mutu sekolah

Published
2021-04-17