PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ULASAN BUKU FIKSI MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PAREPARE

  • Sofyan SMA Negeri 1 Parepare
Keywords: Kemampuan Menulis, Ulasan Buku Fiksi, Metode Student Teams Achievement Division

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) waktu belajar bahasa Indonesia cenderung panjang sehingga siswapun menjadi ngantuk dikelas, 2) materi yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, 3) harus menggunakan bahasa baku yang sesuai EYD 4) tidak boleh menggunakan singkatan dalam menulis kata maupun kalimat. Tujuan dari penelitian ini, 1.tujuan umum yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis ulasan buku fiksi dengan menggunakan metode STAD siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Parepare. Sedangkan 2. tujuan khusus yaitu a) untuk mendeskrpsikan proses Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi dengan Menggunakan Metode STAD Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Parepare, b)Untuk mendeskripsikan hasil Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi dengan Menggunakan Metode STAD Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing- masing terdiri dari tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Parepare  dengan jumlah siswa 37 orang, yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, penugasan, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 56 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 51%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 79 dan ketuntasan belajar klasikalnya meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan menulis ulasan buku fiksi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Parepare

Published
2021-04-17