PENERAPAN STRATEGI FACTS QUESTIONS RESPONSES (FQR) UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 1 PAREPARE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan Strategi Facts Questions Responses (FQR) meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Parepare. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan Strategi Facts Questions Responses (FQR) dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Parepare atau tidak. (3) Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan siswa dalam pemahaman bacaan setelah penerapan Strategi Facts Questions Responses (FQR) pada siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Parepare. Itu Metodologi penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Ada dua siklus; setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest siklus I adalah 57,2 dan post-test siklus I adalah 72,2. Sedangkan rata-rata pretest siklus II adalah 68,7 dan post-test siklus II adalah 82,0. Persentase ketuntasan minimal siklus I adalah 18,7% dan 62,5%. Pada siklus II, persentase ketuntasan minimal kelas adalah 43,7% dan 93,7%. Peningkatan pada siklus I sebesar 43,8% dan siklus II adalah 50%. Artinya ada peningkatan kemampuan membaca siswa pemahaman setelah penerapan Strategi Facts Questions Responses (FQR).