PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 11 PINRANG

  • Ida Riliani SMA Negeri 11 Pinrang
Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi, (2) besarnya peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 2   SMA Negeri 11 Pinrang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dari siklus I ke siklus II: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 72,02% dalam kategori sedang meningkat menjadi 82,50% dalam kategori tinggi; dan (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi. Pada siklus I terdapat 21 siswa atau 65,63% dari jumlah keseluruhan siswa yang mencapai nilai KKM, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 29  siswa atau 90,63% dari jumlah keseluruhansiswa.

Published
2021-04-17