PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS XI MADRASAH ALIYAH YAYASAN MADRASAH PENDIDIKAN ISLAM RAPPANG

  • Ernawaty Razak UM Parepare
  • Zulfianah UM Parepare
Keywords: Reward, Punishment, Minat belajar

Abstract

 

Penelitian ini membahas tentang Sistem Reward dan PunishmentTerhadap Peningkatan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas XI MA YMPI Rappang. Jenis penelitian ini  yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Serta terjun langsung kelapangan untuk mendapatakan data dan fakta valid.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif secara deskriptif, dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang di dapat adalah: Pemberian reward dan punishment berpengaruh cukup terhadap minat belajar Aqidah Akhlak dengan melihat nilai koefisien R= 0,428 (2) Variabel reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan muinat belajar Aqidah Akhlak dengan melihat hasil uji t (parsial) sebesar 2,784, dan variabel punishment tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar Aqidah Akhlak dengan melihat hasil uji t (parsial) sebesar 0, 632. (3) Variabel reward yang paling dominan berpengaruh terhadap minat belajar Aqidah Akhlak dengan nilai koefisiennya sebesar 2,784 dibandingkan dengan variabel punishment dengan nilai koefisien sebesar 0,632.

Published
2021-03-31