PENERAPAN MEDIA YOUTUBE SECARA DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI. IPA. 1 DI MAN PINRANG

  • Mabrur UM Parepare
  • Andi Abd. Muis UM Parepare
Keywords: Youtube, Peserta didik, Sejarah kebudayaan islam

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Media Youtube Secara Daring Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI. IPA. 1 di MAN Pinrang. Penelitian ini digolongkan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desian penelitian penerepan siklus di dalamnya terdapat komponen perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu pada pelaksanaan siklus I aktivitas belajar peserta didik tanpa memggunakan media youtube pada mata pelajaran SKI sebesar 58,24% dengan kriteria cukup. Data hasil belajar peserta didik pada pelaksanaan siklus I peneliti belum menerapkan media youtube dalam proses pembelajaran, motede yang digunakan dalam pembelejaran yaitu metode membaca dengan rata-rata perolehan 75,80. Pelaksanaan siklus II aktivitas belajar setelah penggunaan media youtube pada mata pelajaran SKI sebesar 78,85% dengan kriteria baik. Data hasil belajar pada siklus II peniliti menerapkan media youtube dalam proses pembelajaran dengan rata-rata perolehan 82,25.Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkan media youtube.Dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II maka penelitian cukup sampai pada siklus II.

Published
2021-03-31