PENERAPAN STORYTELLING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK TK PERTIWI KELOMPOK B DESA BARUKA KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Penelitian ini membahas apakah terdapat perbedaan antara belajar anak dengan penerapan Storytelling dengan media visual untuk meningkatkan kemampuan bebicara pada anak dengan gaya pembelajaran sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakanĀ adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian penerapan storytelling dengan media visual untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di TK Pertiwi Baruka Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. hasil tersebut dapat diketahui dari peningkatan presentase sebelumĀ tindakan sampai dengan siklus II. Pada pra siklus presentase perolehan anak yang mencapai nilai (berkembang sangat baik) BSB adalah 0% dengan pencapaian tertinggi adalah (mulai berkembang) MB 20%. Sedangkan siklus I presentase hasil yang diperoleh pada nilai MB adalah mencapai 76%, dan pada siklus II meningkat denganĀ nilai BSH mencapai 80% dari keseluruhan anak.