PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BALOK DALA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B KB PUNCAK MEWATANG KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG

  • Dasniah UM Parepare
  • Kalbi Jafar UM Parepare
Keywords: Media permainan balok, Kemampuan membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini membahas apakah media permainan balok dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan pedagogik dan pisikolg Hasil penelitian Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah  yaitu Guru mempersiapkan media permainan balok beserta item-itemnya, Guru memberi contoh cara membaca katadan kalimat, Guru memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, Anak diberi kesempatan  untuk melihat  dan memutar ataupun  mengacak item-itemnya, Guru memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca  permulaannya masih sulit, Guru mendampingi dan memotivasi anak sehigga penerapan media permainan  balok terhadap peningkatankemampuan membaca permulaanpada anak usia dini kelompok B KB Puncak MewatangKecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Penerapan media permainan balok dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada setiap Siklusnya sebagai mana dapat dilihat di setiap siklisnya, Pada saat  Pra Tindakan menunjukan hasil 26,32%. Siklus  I  meningkat  menjadi 52,63%, sehingga mengalami peningkatan  sebesar 26,31%. Siklus  II meningkat menjadi 84,21%, mengalami peningkatan kembali sebesar 31,58%. Pembelajaran dikatakan berhasil karena perhitungan persentase kemampuan membaca permulaan sudah mencapai kriteria baik minimal 75%.

 

Published
2021-03-31