PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BALOK DALA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B KB PUNCAK MEWATANG KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Penelitian ini membahas apakah media permainan balok dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan pedagogik dan pisikolg Hasil penelitian Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah yaitu Guru mempersiapkan media permainan balok beserta item-itemnya, Guru memberi contoh cara membaca katadan kalimat, Guru memberi contoh membaca gambar bertuliskan kalimat sederhana, Anak diberi kesempatan untuk melihat dan memutar ataupun mengacak item-itemnya, Guru memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca permulaannya masih sulit, Guru mendampingi dan memotivasi anak sehigga penerapan media permainan balok terhadap peningkatankemampuan membaca permulaanpada anak usia dini kelompok B KB Puncak MewatangKecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Penerapan media permainan balok dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan untuk kriteria baik pada setiap Siklusnya sebagai mana dapat dilihat di setiap siklisnya, Pada saat Pra Tindakan menunjukan hasil 26,32%. Siklus I meningkat menjadi 52,63%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 26,31%. Siklus II meningkat menjadi 84,21%, mengalami peningkatan kembali sebesar 31,58%. Pembelajaran dikatakan berhasil karena perhitungan persentase kemampuan membaca permulaan sudah mencapai kriteria baik minimal 75%.