PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MAKE A MATCH DAN MEDIA VISUAL PADA KELAS V SD NEGERI 56 PAREPARE

  • Hadijah SD Negeri 56 Parepare
Keywords: Model Make A Match, Media Visual, Hasil Belajar

Abstract

Model Make a Match adalah salah satu model pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran, karena siswa dapat belajar mengenai suatu topik dalam suasana yang menyenangkan. Sedangkan media Visual merupakan penyampaian imformasi secara kreatif, sehingga dapat membantu pembelajaran menjadi menarik, efektif dan efisien yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Adanya perpaduan model Make a Match dan media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia melalui model Make a Match dan Media Visual di kelas V SD Negeri 56 Parepare. (2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia melalui model Make A Match dan media Visual di kelas V SD Negeri 56 Parepare. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Siswa kelas V SD Negeri 56 Parepare sebagai subjeknya yang berjumlah 40 siswa.Instrumen penelitian ini menggunkan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes yang dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil data persentase yang diperoleh dari observasi aktivitas guru siklus I sebesar 79,34% dan siklus II 94,79%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 67,10% dan siklus II 88,75%. Nilai rata-rata pada siklus I dari 69,25% menjadi 82,75% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Make a Match dan Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan tidak menggunakan model Make a Match dan Media Visual di Pembelajaran pada tema 5 Bangga Sebagai Bangsa Indonesia, sub tema 1 Indonesiaku, Bangsa yang Kaya di kelas V SD Negeri 56 Parepare.

Published
2020-07-28
Section
Articles