KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Pendidikan Islam merupakan suatu proses yang mengantarkan manusia kepada kehidupan yang baik dan mengangkat kemanusiaan sesuai dengan kemampuan dasar (kodrat) dan kemampuan mengajarnya (pengaruh luar). Pendidikan yang hakiki adalah yang memberikan kesempatan keterbukaan terhadap pengaruh dunia luar dan perkembangan diri peserta didik. Dengan demikian alam kemudian diberi hak untuk membentuk individu anak dan sekaligus faktor luar akan mendidik dan mengarahkan kemampuan dasar anak. Oleh karena itu, pendidikan secara operasional mengandung dua aspek, yaitu aspek mempertahankan atau meningkatkan dan aspek menumbuhkan atau membina. Konsep dasar pendidikan anak usia dini menekankan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan memenuhi karakteristik anak yaitu individu yang unik, mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang berbeda-beda, maka perlu dilakukan upaya dengan memberikan rangsangan, dorongan dan dukungan kepada anak. Sehubungan dengan itu, konsep pendidikan anak usia dini dapat mencakup pembentukan sikap dan pengembangan keterampilan dasar secara utuh yang berguna untuk mewujudkan manusia sempurna yang mampu berdiri sendiri, bertanggung jawab dan mempunyai bekal untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. dengan pandangan dalam pendidikan Islam.