STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MAKALE TANA TORAJA

  • Nur Fadhilah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Nurhaini Garnis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Strategi Guru, Mengelola Kelas, Disiplin Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan disiplin belajar anak usia dini, dan perkembangan kedisiplinan belajar usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Makale. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data.Adapun strategi yang digunakan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan disiplin belajar anak usia dini yaitu hadir di sekolah tepat waktu, berpakaian dengan rapi, menyimpan sepatu dengan rapi di tempat yang telah disediakan oleh sekolah, merapikan tasnya di tempat yang telah disiapkan, berbaris dengan rapi di aula sekolah dan senam bersama sebelum masuk keruangan kelas masing-masing, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya. Adapun perkembangan disiplin belajar anak usia dini di TK Bustanul Athfal Makale belum maksimal karena masih ada anak yang susah diatur dalam kedisiplinannya. Hal ini disebabkan karena anak didik yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Makale berasal dari lingkungan yang berbeda-beda.

Published
2024-03-21