PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK IDHATA LOKA KABUPATEN ENREKANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Scramble terhadap hasil belajar peserta didik di TK IDHATA LOKA karena pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya menjelaskan didepan kelas dan peserta didik merasa bosan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data.
Hasil penelitian skripsi ini tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di TK Idhata Loka Kabupaten Enrekang dapat dikategorikan sudah baik karena telah menunjukkan adanya kemampuan mereka dalam mengerjakan tugas yang diberikan, ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dapat disimpulkan sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble hasil belajar peserta didik (BB) 10 peserta didik, (MB) 6 peserta didik, (BSH) 0 peserta didik, dan (BSB) 0 peserta didik, dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble hasil peserta didik (BB) 0 peserta didik, (MB) 0 peserta didik, (BSH) 7 peserta didik, dan (BSB) 9 peserta didik.