PENERAPAN METODE UMMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI RA AZZAHRAH LOMBON DESA KADINGEH KECAMATAN BARAKA KABUPATEN ENREKANG

  • Nurlailah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Fatmala Dewi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Metode Ummi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di RA Azzahrah Lombon Desa Kadingeh Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, apakah penerapan metode ummi melalui cara melafalkan huruf dan mengenal huruf secara mahrojul huruf dapat meningkatkan kemampuan memQur’an Al-Qur’an di RA Azzahrah Lombon Desa Kadingeh Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sifaf penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statisik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah adanya peningkatan yang sangat baik dan memuaskan. Dimana pada siklus I belum ada peserta didik yang berada pada kriteria berkembang sangat baik, pada perkembangan sesuai harapan sebanyak 4 peserta didik dengan persentase 26,66%, pada kriteria mulai berkembang 6 peserta didik dengan persentase 40%, dan pada kriteria belum berkembang sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 33,33%. Pada siklus II sebanyak 6 peserta didik yang berada pada kriteria BSB dengan persentase 40%, pada kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 33,33%, pada kriteria mulai berkembang sebanyak 5 peserta didik dengan persentase 33,33%, dan sudah tidak ada peserta didik yang berada pada kategori belumberkembang.

Published
2024-02-21