PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR KELAS KELAS IX.C SMP NEGERI 4 MARITENGNGAE KABUPATEN SIDRAP

  • Ahmad S. SMPN 4 MARITENGNGAE KABUPATEN SIDRAP
Keywords: Hasil Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Perpangkatan Dan Bentuk Akar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran teams games tournament yang mengaharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar dikelas Kelas IX.C SMP Negeri 4 MaritengngaE Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di kelas Kelas IX.C SMP Negeri 4 MaritengngaE Kabupaten Sidrap. Melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah Kelas IX.C SMP Negeri 4 MaritengngaE Kabupaten Sidrap Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams games tournament mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpangkatan dan bentuk akar di Kelas IX.C SMP Negeri 4 MaritengngaE Kabupaten Sidrap. Hal ini dibuktikan dengan siklus peningkatan kemampuan belajar pada keseluruhan hasil belajar. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan I dari 28,57% meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 39,28% dan pada siklus II pertemuan I dari 53,57% meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 85,71%. Dengan demikian peningkatan hasil belajar siswa di Kelas IX.C SMP Negeri 4 MaritengngaE Kabupaten Sidrap yang dicapai melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 85,71%.

Published
2023-06-20