STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK DI RA UMDI AWANG-AWANG KABUPATEN PINRANG

  • Mustika RA UMDI AWANG-AWANG KABUPATEN PINRANG
  • Maswati Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Bermain Kartu Angka

Abstract

Penelitian ini membahas apakah terdapat perbedaan kemampuan belajar anak dengan strategiBermain Kartu Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dengan Strategi pembelajaran sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogis dan psikologis. Instrument dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui kegiatan bermain kartu angka pada anak di RA UmdiA wang-awang Kabupaten Pinrang Kemampuan anak dalam hal mengenal lambang bilangan yaitu masih rendah. Hal itu ditunjukkan dengan data tentang pengenalan lambang bilangan yang diperoleh anak menunjukkan pada indikator menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10, persentase ketuntasan sebesar 15% atau sebanyak 8 anak, dan pada indikator mengurutkan lambang bilangan, persentase ketuntasan sebesar 20% atau sebanyak 11 anak.Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan anak di RA Ummahat DDI Awang-Awang untuk mengenal bilangan melalui kegiatan bermain kartu angka yaitu Guru membuka dengan terlebih dahulu membacakan teks-teks atau pesan yang terdapat dalam media kartu angka secara keseluruhan, Melalui bimbingan guru, anak didik membaca teks-teks yang terdapat dalam media kartu angka, Guru menerangkan materi pembelajaran dengan mengupas satu demi satu materi yang di kemas dalam media dan anak didik mengamati gambar dengan seksama, Guru memilih anak didik untuk menjelaskan apa yang terdapat dalam media kartu angka, Anak didik menggambar apa yang terdapat dalam media kartu angka sambil mengingat isi materi yang di sampaikan, Guru bersama anak didik menyimpulkan materi pembelajaran yang terdapat dalam media kartu angka, Guru mengadakan evaluasi sesuai dengan materi yang disampaikan

Published
2023-04-07