UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI RA UMMAHAT DDI BUA-BUA II KABUPATEN PINRANG
Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya guru demi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui suatu kegiatan di RA Ummahat DDI Bua-bua II Pinrang, yaitu kegiatan mewarnai. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kemampuan motorik halus anak di RA ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang? Bagaimana kegiatan mewarnai di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang?, dan Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa Kemampuan motorik halus anak di RA ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang adalah anak didik sudah dapat menunjukkan kemampuan menggerakkan anggota tubuh dan terutama terjadinya koordinasi mata dan tangan sebagai persiapan untuk menulis. Kegiatan mewarnai yaitu; 1. Guru menyiapkan bahan-bahan kegiatan yang akan dilaksanakan, adapun bahan-bahan yang disiapkan : kertas LKA (lembar kerja anak) yang mana berisi gambar yang akan diwarnai, dan pewarna yang akan digunakan baik itu spidol warna, pensil warna, dan pewarna lainnya. 2. Guru mengumpulkan anak-anak untuk diberikan penjelasan dan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. 3. Guru memberikan pertanyaan pada anak tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. 4. Guru membagikan kertas LKA (lembar kerja anak) dan pewarna kepada anak. 5. Anak bekerja sendiri tanpa bantuan guru, yang mana pada kegiatan ini guru hanya mengawasi sehingga hasilnya dapat dilihat sesuai dengan perkembangan anak itu sendiri. 6. Guru pendamping tetap mengawasi anak-anak. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang adalah Mengajari Anak mewarnai harus dimulai sejak dini agar ia dapat mewarnai dengan baik. Anak yang diajari mewarnai tentunya akan melakukannya dengan rapi. Ada banyak alat yang dipakai untuk alat mewarnai yang dikhususkan untuk anak-anak, misalnya saja, crayon dan pensil warna. Kedua alat tersebut sangat cocok untuk anak-anak karena memiliki tekstur yang tidak mudah belepotan sehingga tidak mengotori baju.