PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SHALAT PADA ANAK USIA DINI DI RA UMMAHAT DDI BUAH-BUAH II KABUPATEN PINRANG
Abstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Motivasi Belajar shalat anak usia dini di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang?, (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran shalat di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang?, dan Bagaimana kendala dalam penerapan metode demondtrasi pada pembelajaran shalat untuk meningkatkan motivasi belajar di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan, Dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan motivasi belajar salat anak pada siswa RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang, dengan memberi reward berupa pujian dan hadiah. Dan kegiatan salat dilakukan dengan program pembiasaan setiap hari pada pukul 07.30-08.00 WIB di dalam kelas. Upaya ini terbilang berhasil karena dapat meningkatkan motivasi belajar salat anak terlihat pada respon anak yang semakin antusias, fokus dalam melaksanakan pembiasaan salat. Dan tertib dalam penataan shaf pada pembiasaan salat. Penerapan metode demonstrasi di RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang meliputi perencanaan, uji coba, penerapan atau pelaksanaan dan evaluasi. Guru RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang dalam penerapan metode demonstrasi pertama kali memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi yang akan didemonstrasikan, kemudian guru memberikan contoh melakukan demonstrasi yang baik dan benar mengenai materi pelajaran tersebut, setelah itu guru memerintahkan siswa untuk mempraktekkan kembali. Jika pendemonstrasian yang dilakukan oleh siswa belum baik dan benar maka guru langsung memperbaikinya atau diadakan langkah evaluasi. Faktor penghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran shalat yaitu. Terdapat pada waktu yang kurang lama dan latar belakang anak didik yang berdeda. Kendala yang dialami guru RA Ummahat DDI Bua-Bua II Pinrang saat menggunakan metode demonstrasi yaitu anak itu sulit untuk memulai maju kedepan untuk memperagakan, guru harus memanggil nama siswa tersebut baru dia mau maju.