PENINGKATAN PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE READING GUIDE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 SMP NEGERI 3 KOTA PAREPARE TAHUN AJARAN 2015-2016
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman teks eksposisi Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Parepare melalui metode Reading Guide. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Parepare dengan jumlah 30 peserta didik yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar peserta didik kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Parepare melalui metode reading guide ini adalah pada siklus I yaitu 60% masuk dalam kategori (C) Cukup, sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan yaitu 83% dengan kategori (B) Baik, terdapat peningkatan pemahaman teks eksposisi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Parepare melalui metode reading guide, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II pada setiap tindakan mulai dari tindakan I sampai tindakan II.
Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar, karena dapat meningkatkan pemahaman teks eksposisi pembelajaran Bahasa Indonesia, baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk selalu mencoba berbuat dan berusaha dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai ketuntasan yang ditetapkan