PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RPP BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI UPT SMA NEGERI 3 PAREPARE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Muhammad Anshar Rahim UPT SMA Negeri 3 Parepare
Keywords: Supervisi akademik, RPP Berbasis pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik melalui kegiatan supervisi akademik. Supervisi akademik merupakan suatu model pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah atau pengawas kepada guru untuk membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran agar kualitas pembelajaran bisa diraih dengn optimal. Supervisi akademik dapat dilaksanakan pada supervisi perencanaan pembelajaran dan supervisi pelaksanaan pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah (PTS) termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan Analisis Diskriptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I teknik penataran tingkat lokal (In House Training) dan hasil siklus II dengan teknik percakapan pribadi. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Supervisi akademik secara kelompok (In House Training), dengan hasil penelitian siklus I RPP Berbasis Pendekatan Saintifik yang dibuat oleh guru-guru UPT SMA Negeri 3 Parepare masih belum optimal maka perlu diadakan supervisi lanjutan pada siklus II, yaitu pelaksanaan tindakan supervisi secara individual (percakapan individu). Hasil rata-rata kualitas RPP Berbasis Pendekatan Saintifik pada kondisi awal adalah 53,1 (kategori kurang). Hasil rata-rata kualitas RPP Berbasis Pendekatan Saintifik pada siklus I adalah 75 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal adalah 21,9 %. Sedangkan hasil rata-rata kualitas RPP Berbasis Pendekatan Saintifik pada siklus II adalah 86,6 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I adalah 11,6%. Dengan demikian, supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru UPT SMA Negeri 3 Parepare dalam penyusunan RPP Berbasis Pendekatan Saintifik secara signifikan.

Published
2022-01-14