PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA KELAS VI/C UPTD SEKOLAH DASAR NEGERI 85 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa pada kelas VI/C UPTD sekolah dasar negeri 85 parepare
Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI.C SD Negeri 85 Parepare dengan jumlah siswa 28. Siklus I dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil tes akhir siklus I yang diberikan menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang hadir saat itu, terdapat 16 siswa yang tuntas atau telah mencapai nilai KKM dengan persentase 57,14 % , sedangkan yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 42,86 % dengan nilai rata-rata 70,28. Tabel skor hasil belajar dari tes pertemuan 1siklus 1 dapat dilihat pada halaman 87
Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yakni satu siswa memperoleh nilai di bawah KKM atau 4 % dan 27 siswa yang memperoleh di atas nilai KKM atau 96 %. Adapun perolehan nilai rata-rata siswa adalah 88,75 %
Berdasarkan perolehan tersebut maka dapat dikatakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang keragaman budaya bangsa Indonesia.