PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 84 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi empirik tentang supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru kelas dalam menggunakan media pembelajaran di SD Negeri 84 Parepare Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Sekolah/Action Research School terhadap pelaksanaan Kemampuan Proses Pembelajaran guru setiap melaksanakan pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri 84 Parepare tersebut dilakukan tindakan dengan maksud meningkatkan kompetensi guru dalam mengunakan media pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Humberman dengan langkah-langkah :(1) pengumpulan dan telaah data, (2) deskripsi komperatif, (3) penyajian data dan (4) verifikasi menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh: (1) Pelaksanaan supervisi akademik terhadap para guru di SD Negeri 84 Parepare sejak pelaksanaan pra siklus, siklus pertama dan siklus ke dua mengalami peningkatan terbukti bahwa hasil penilaian rata-rata pada studi awal untuk pelaksanaan pembelajaran adalah 62,89% dan penggunaan media pembelajaran mencapai 58,75%. Sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan karena setelah dilakukan supervisi akademik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah 80,47%, penggunaan media pembelajaran mencapai 73,75%. Sedangkan pada siklus II telah memperoleh hasil yang optimal yakni pelaksanaan pembelajaran adalah 90,23%, penggunaan media pembelajaran mencapai 88,75%. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran lebih efektif; (2) Melalui supervisi akademik terhadap 4 orang guru kelas di SD Negeri 84 Parepare semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penggunaan media, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa meningkat