UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IX UPTD SMP NEGERI 3 PAREPARE KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PAREPARE

  • Hj. Syamsuria UPTD SMP Negeri 3 Parepare
Keywords: Peningkatan hasil belajar, Metode pengajaran SQ3R

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran berbasis SQ3R (Survey Question Read Recite Review). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.9 UPTD SMP Negeri 3 Parepare dengan jumlah siswa 28 orang siswa yang terdaftar di semester I tahun pelajaran 2019/2020.

            Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar siswa kelas IX.9 UPTD SMP Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran SQ3R (Survey Question Read Recite Review)   ini adalah (i) pada siklus I (tindakan I dan tindakan II), masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 61,96 sedangkan pada siklus II (tindakan I dan tindakan II) mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,28, (ii) terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IX.9 UPTD SMP Negeri 3 Parepare melalui model pembelajaran berbasis SQ3R (Survey Question Read Recite Review)  , baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II pada setiap tindakan mulai dari tindakan I sampai tindakan II.

            Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar, khususnya bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan di jenjang Sekolah Menengah Pertama, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu mencoba berbuat dan berusaha dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai ketuntasan yang ditetapkan

Published
2022-01-14