PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK PADA MATERI SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VI.3 SD NEGERI 3 PAREPARE SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran seberapa besar motivasi, potensi belajar dan kepercayaan diri siswa serta untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar PJOK pada siswa Kelas VI.3 setelah diterapkannya pembelajaran model Quantum Learning dengan setting kooperatif.
Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI.3 SD Negeri 3 Parepare pada semester ganjil 2019/2020 dengan jumlah siswa 38 orang, 17 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PJOK siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 55,79 dari skor maksimum yang mungkin dicapai yaitu 100 dan standar deviasi sebesar 16, 12. Untuk siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 71,97 dari skor maksimum yang mungkin dicapai yaitu 100 dan standar deviasi sebesar 10,97 sedangkan untuk tingkat penguasaan 65 % ke atas terjadi peningkatan yaitu dari 42,11 % pada siklus I menjadi 84,21 % pada siklus II.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran model Quantum Learning dengan setting kooperatif maka dapat meningkatkan hasil belajar PJOK siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri, motivasi dan kesungguhan siswa dalam belajar PJOK.