MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEWARNAI GAMBAR
Abstract
Penelitian ini membahas tentang (1) Bagaimana model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) diĀ PAUD Al-Qurobil, (2) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatakan kemampuan motorik halus melalui mewarnai gambar di PAUD Al-Qurobil. Penelitian ini menggunakan penelitian PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B PAUD AL-Qurobil dengan jumlah anak sebanyak 12 orang, terdiri dari 7 perempuan dan 5 laki-laki. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di Paud Al-Qurobil yaitu (1) menekankan aktivitas pada anak secara penuh baik fisik maupun mental, kegiatan mewarnai gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B PAUD Al-Qurobil Parepare. (2) Terjadi peningkatan dapat dilihat dari nilai presentase rata-rata/ketercapaian hasil belajarĀ persiklus yaitu siklus I 70,13 %, dan siklus II 85,41%.