https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/al-tabyin/issue/feedJurnal Al-Tabyin2025-03-25T16:43:19+08:00Wardah Hanafie Daswardahhadas@gmail.comOpen Journal Systemshttps://jurnal.umpar.ac.id/index.php/al-tabyin/article/view/3684AL-TABYIN STRATEGI INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA: IMPLEMENTASI MODEL MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR2025-03-25T16:43:18+08:00Abdilmnasrihamang@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, khususnya siswa kelas rendah, melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di SD Negeri Gandikan, Tretep, Temanggung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, yang bertujuan untuk membandingkan kondisi awal sebelum penerapan model Make a Match dengan kondisi setelah penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SD Negeri Gandikan, Temanggung. Sebelum intervensi, kemampuan membaca siswa berada pada angka 57%, kemudian meningkat menjadi 70% pada siklus I, dan lebih lanjut meningkat menjadi 82% pada siklus II.</p> <p> </p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Keterampilan membaca, Make A Match, Model Pembelajaran</p>2025-03-25T16:42:54+08:00Copyright (c) 2025 Jurnal Al-Tabyin